Rabu, 29 Agustus 2012

TAMBAH UMUR

oleh sebab itu jikalau orang panjang umurnya, biarlah ia bersukacita di dalamnya, tetapi hendaklah ia ingat akan hari-hari yang gelap, karena banyak jumlahnya. Segala sesuatu yang datang adalah kesia-siaan. < Pengkotbah 11:8 >

Kebanyakan anak-anak suka merayakan kelahirannya atau ulang tahun, ada tiup lilin, potong kue dan hadiah dll.
Tiap tahun berulang tahun lagi, anak-anaknya juga bertambah umurnya dan berpikr begitu cepatnya datangnya, rasanya belum begitu lama kita berulang tahun, sekarang sudah berulang tahun lagi. Waktu berjalan cepat, kita bertambah satu umur lagi, apakah kita cepat menjadi tua?

Bagaimana menghadapi usia lanjut, kita harus sadar semua orang pasti mati dan bagaimana caranya menghadapi saat tubuh kita semakin lemah oleh karena dimakan usia?
Walaupun tubuh menjadi lemah, tetapi Roh tidak semakin lemah bahkan Roh semakin diperbarui dari sehari ke sehari, Roh semakin menjadi kuat dan dewasa.

Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya. < Mazmur 92:13-16 >

Banyak orang tidak siap dalam menghadapinya usia lanjut, segala cara dilakukan untuk supaya awet muda dan mencegahnya, melakukan fitness, olah raga, makanan yang bergizi, menggunakan alat-alat kecantikan.
Tambah umur menjadi lanjut usia bukanlah masalah, usia senja adalah alamiah dan jalanilah, setiap orang hidup akan mengalaminya. Janganlah gentar, janganlah takut, janganlah kecil hati dan jangan minder. Bukankah kita punya kesempatan untuk memperbarui rohani kita supaya menjadi kuat menghadapi tambah umur.

Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat. < 2 Korintus 12:10 >

Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, TUHAN, akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya. < Yesaya 60:22 >

Tambah umur jika ada waktu kesempatan, manfaatkanlah; tambah umur jika ada tantangan, hadapilah;
tambah umur jika ada perjuangan, tuntaskanlah. Sehingga sampai Tuhan memanggil kita dan sudah siap menghadapiNya.

Marilah kita hadapi tambah umur menjadi lanjut usia dengan penuh sukacita,walaupun tubuh kita semakin lemah. Tetapi harus bertambah, harus kita membangun rohani kita agar menjadi kuat di usia lanjut.


1 komentar:

  1. karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu. < Amsal 3:2 >

    因 為 他 必 將 長 久 的 日 子 、 生 命 的 年 數 、 與 平 安 、 加 給 你 。< 箴 言 3:2 >

    for they will prolong your life many years and bring you prosperity. < Proverbs 3:2 >

    BalasHapus